Perancangan Ruang Jemur Pakaian Berbasis Mikrokontroler

Main Article Content

Siska Elbita Elbita
Fivia Eliza

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Dengan bantuan teknologi pekerjaan yang semula dilakukan manusia secara manual dan membutuhkan waktu yang lama bisa diubah menjadi otomatis dan praktis. Salah satu teknologi yang terus berkembang sampai saat ini adalah mikrokontroler. Mikrokontroller merupakan keluarga mikroprosesor yang berupa chip yang dapat melakukan pemrosesan data secara digital melalui program. Mikrokontroler digunakan untuk membuat suatu alat dengan biaya yang lebih murah. Salah satu aplikasi mikrokontroler adalah dalam perancangan alat penjemur pakaian otomatis. Sensor SHT11 digunakan sebagai pendeteksi suhu dan kelembapan yang hasil pengukurannya akan ditampilkan pada LCD. Alat ini dapat mengeringkan tiga jenis bahan pakaian yang berbeda yaitu pakaian jenis kaos, jaket dan jeans. Pakaian yang akan dikeringkan adalah pakaian basah yang sudah diperas dengan tangan. Sistem pengeringan pakaian ini menggunakan lampu pijar 20Watt sebagai alat pemanas dan kipas 12V untuk menghembuskan angin secara menyeluruh dalam ruangan. Dari hasil pengujian alat diperoleh bahwa untuk mengeringkan pakaian kaos memerlukan waktu 3-4 jam, jaket 4,5-5,5 jam dan jaket 5-6 jam. Sensor SHT11 dapat mendeteksi suhu dan kelembapan dengan baik, relay dapat bekerja dengan baik untuk menghidupkan lampu dan kipas dc, buzzer berfungsi dengan baik sehingga dapat memberi pertanda bahwa kain telah kering dan ditampilkan pada layar LCD. Dari hasil pengujian alat dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan alat ini dapat bekerja dengan baik dalam mengeringkan pakaian.

Article Details

How to Cite
Elbita, S. E., & Eliza, F. (2021). Perancangan Ruang Jemur Pakaian Berbasis Mikrokontroler. MSI Transaction on Education, 2(2), 85 - 96. https://doi.org/10.46574/mted.v2i2.57

References

[1] Repfi Ermadani, “Pengendali Otomatis Pada Alat Pengering Pakaian Dengan Kelembaban Sebagai Indikator Tingkat Pengeringan,” Journal of Chemical Information and Modeling, vol. 53, no. 9. 2020.
[2] I. Nugraha, F. Teknologi, and D. A. N. Informatika, “Rancang bangun pengering pakaian jenis jeans menggunakan deteksi kelembaban.” 2018.
[3] “PEMBUATAN PROTOTIPE ALAT PENGERING PAKAIAN BERBASIS MIKROKONTROLER AT89S51.” .
[4] R. Firmansyah, “Perancangan Fasilitas Pengering Pakaian Saat Turun Hujan,” e-Proceeding of Art & Design, vol. 2, no. 3. pp. 1284–1292, 2015.
[5] B. Setyawan and M. A. Irfa’i, “Rancang Bangun Pengering Pakaian Kapasitas 10KG Berdaya 380 Watt,” vol. 02, pp. 17–20, 2015.
[6] Fatimah and Nuryaningsih, “Sensor Dan Transduser.” 2018.