Persepsi Guru Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Blended Learning Ditengah Pandemi Covid-19

Main Article Content

Alfina Zaharra Fina
Wagino Wagino

Abstract

Salah satu efek dari situasi pandemi covid-19 adalah penerapan model pembelajaran blended learning pada bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana persepsi guru tentang pelaksanaan pembelajaran blended learning yang baru dilaksanakan ditengah pandemi covid-19 di SMK Negeri 1 Padang dari faktor model pembelajaran, metode pembelajaran, dan media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi penelitian adalah 90 orang guru dan sampel penelitian 47 guru. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan Skala Likert. Hasil penelitian ini menunjukan : 1) model pembelajaran blended learning berada pada kategori baik dengan tingkat capaian skor 4,35. 2) metode pembelajaran blended learning berada pada kategori baik dengan tingkat capaian skor 4,36. 3) media pembelajaran blended learning berada pada kategori baik dengan tingkat capaian skor 4,52. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi guru tentang pelaksanaan pembelajaran Blended Learning ditengah pandemi Covid-19  di SMK Negeri 1 Padang berada pada kategori baik dengan tingkat capaian skor sebesar 4,41.

Article Details

How to Cite
Fina, A. Z., & Wagino, W. (2021). Persepsi Guru Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Blended Learning Ditengah Pandemi Covid-19 . MSI Transaction on Education, 2(2), 57 - 66. https://doi.org/10.46574/mted.v2i2.51

References

[1] R. A. Sari, “Pengaruh Teamwork dan Persepsi Pegawai tentang Pengawasan Pimpinan terhadap Motivasi Kerja Pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Wonogiri,” 2019.
[2] M. Thoha, Perilaku Organisasi Konsep Dasar Dan Aplikasinnya. Jakarta: Rajawali Pers, 2015.
[3] Slameto, Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013.
[4] R. Silaban, E. Alwi, and W. Wagino, “HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG DISIPLIN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATA DIKLAT TEKNIK DASAR-DASAR OTOMOTIF SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK NEGERI 1 KOTO XI TARUSAN,” Automot. Eng. Educ. J., vol. 1, no. 1, 2015.
[5] A. A. Wahab, Metode dan Model-Model Mengajar IPS. Bandung: Alfabeta, 2007.
[6] E. Kuntarto and R. Asyhar, “Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Pada Aspek Learning Design Dengan Platform Media Sosial Online Sebagai Pendukung Perkuliahan Mahasiswa,” Repos. Unja, 2016.
[7] N. Sudjana, Dasar-dasar Proses\Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2005.
[8] Y. Bilfaqih and M. Qomarudin N., Esensi Pengembangan Pembalajaran Daring. 2015.
[9] R. Nofianto, A. Andrizal, and W. Wagino, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Mata Pelajaran Memperbaiki Sistem Starter dan Pengisian Berbasis Software Lectora Inspire pada Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di Sekolah Menengah Kejuruan,” Automot. Eng. Educ. J., vol. 1, no. 1, 2018.